10 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh, Lakukan Yukk!!!

Info Kesehatan

by Ardi 373 Views

10 Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh, Lakukan Yukk!!!

Tanpa kita sadari kesejukan udara di bagi hari sangatlah banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. terkadang kita sangat malas untuk keluar rumah dan bangun dari tempat tidur kita yang sangat nyaman dengan bandal guling yang empuk untuk melakukan lari pagi. banyak sekali hambatan ataupun halangan untuk melakukan lari pagi, misalnya mau pergi ke sekolah ataupun pergi ke kantor karna terburu-buru. semua itu bisa kita lakukan jika kita mempunyai niat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. terkadang lari pagi jarang sekali di lakukan orang karna banyak tidak mengetahui seberapa hebatnya manfaat kesehatan tubuh kita saat lari pagi. Dan ternyata lari pagi itu sangat bermanfaat bagi tubuh kita, munkin setelah kita tahu manfaat lari pagi untuk kesehatan tubuh kita pasti kita tidak akan bermalas lagi untuk melakukan lari pagi untuk kesehatan tubuh kita.


10 KESEHATAN LARI PAGI BAGI TUBUH

1. Jantung sehat
Ketika kita melakukan lari pagi tidak hanya otot-otot kaki saja yang berfungsi hingga menjadi kuat. Tetapi, jantung juga memompa darah untuk kelancaran darah dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari. Jika, kita berlari sejauh 16 KM bisa mengurangi masalah endapan kolestrol pada pembuluh darah jantung hingga 34%. melakukan lari pagi juga memiliki manfaat kesehatan untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan darah akibat endapan kolesterol seperti penyakit jantung koroner

2. Paru-paru bersih serta sehat
Di pagi hari udara bersih yang mengandung oksigen yang besar. Ketika kita berlari oksigen akan masuk kedalam tubuh kita dan hiruplah udara di pagi hari lebih banyak, karna oksigen di pagi hari merupakan oksigen yang sangat bersih untuk tubuh kita sehingga oksigen yang kita hirup dapat membersihan paru-paru di tubuh kita. Tentu hal ini akan membuat paru-paru kita menjadi lebih sehat.

3. Tulang sehat dan kuat
Memiliki sifat yang mirip dengan otot, tulang juga akan semakin kuat apabila dirangsang. Perhatikanlah mereka yang mengalami pengeroposan tulang, selain dianjurkan untuk minum suplemen kalsium dan vitamin D, PASTI dianjurkan juga untuk berjalan atau berlari ringan yang tujuannya adalah memberi rangsangan pada tulang agar zat gizi tersebut benar-benar digunakan oleh tulang. Lari pagi adalah olahraga yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang, tidak hanya gerakan yang merangsang tetapi juga sinar matahari pagi yang merupakan sumber vitamin D alami yang juga baik untuk tulang yang lebih padat, kokoh, dan sehat.

4. Membakar kalori
Tubuh kita memiliki cadangan energi berupa glikogen di otot, di hati, dan lemak. Semuanya di dapatkan melalui makanan, jika tidak digunakan energi berlebih dari makanan akan menjadi jaringan lemak, itulah alasan mengapa seseorang menjadi gemuk. Bagaimana cara mengurangi jaringan lemak? Cara terbaik adalah memaksa tubuh agar jaringan lemak dipecah menjadi energi. Dengan berlari pagi tentu tubuh kita akan mengeluarkan keringat karna hasil dari lari kita. keluarnya keringat itu merupakan kesehatan bagi tubuh kita, artinya kalori dalam tubuh kita telah terbakar karna hasil lari pagi kita.

5. Meningkatkan stamina tubuh
Manfaat lari di pagi hari dengan udara yang sejuk dan segar tentu tubuh kita akan merasa lebih segar dan sehat. Sehingga, stamina tubuh kita akan lebih pesat meningkat untuk aktivitas kita sehari-hari.

6. Meningkatkan kualitas tidur
Bagi orang yang insomia lari pagi merupakan solusi yang bagus untuk di lakukan. dalam sebuah penelitian penderita insomia yang dilatih untuk melakukan lari pagi berasil dapat tidur 17 menit lebih cepat. Mereka mengaku setelah melakukan lari pada bisa membuat mereka tidur lebih cepat dan lebih nyenyak dari biasanya.

7. Cara mencegah rematik
Biasanya penyakit rematik ini di derita oleh para pekerja dan lansia. Seperti, pegal-pegal atau nyeri sakit dibagian anggota gerak yang biasa kita istilahkan dengans ebutkan Rematik. Kondisi ini bisa terjadi ketika persendian kita menjadi kaku, tulang keropos, peradangan, otot-otot tegang dan sebagainya. Dengan lari pagi kita bisa melatih otot-otot gerak kita mulai terlatih untuk bergerak agar persendian yang kaku bisa lentur kembali dengan cara lari pagi dengan mengerakan otot-otot kita yang kaku. Dengan mengerakan ogan tubug seperti mengerakan kaki, tangan hingga pinggul itu akan mengurangi keteroposan, mengurangi persendian yang kaku, mengurangi ketegangan otot serta gerakan itu dapat membuat otot-otot kita menjadi lebih lentur dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat dari biasanya. Para pakar sepakat manfaat lari pagi akan membantu mengatasi penyakit rematik.

8. Pernafasan sehat
Sangat penting bagi penderitaa asma. karna, lari pagi ini merupakan solusi sangat bagus untuk penderita asma. Jika penderita asma melakukan lari pagi rutin hingga 3 bulan . Hasilnya sangat mengembirakan mereka bisa dapat bernafas lebih baik dan serangan asma jarang kambuh setelah rutin lari pagi.

9. Otot kuat dan sehat

Otot merupakan bagian tubuh kita yang apabila semakin dipacu dengan taraf tertentu, maka akan semakin meningkat kemampuannya. Ketika kita rutin lari pagi otot kaki kita akan beradaptasi hingga kuat dari sebelumnya. tapi, jika kita tidak rutin lagi melakukan lari pagi maka otot-otot kaki kita akan kembali seperti semula.


10. Otot tidak mudah sakit
Manfaat lari pagi membuat tubuh kita bergerak aktif yang baik untuk proses metabolisme tubuh juga baik untuk membuat persendian tulang terlumasi dengan baik. Dalam kondisi seperti ini, juga akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga rasa nyeri dapat dihindari dan dapat diatasi. Jika saat ini Anda mengeluh pegal-pegal, maka cobalah untuk melakukan lari pagi secara perlahan dan rasakan manfaatnya.

Comments